Usia
lahir sampai dengan memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan sekaligus
masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia, yang akan menentukan perkembangan
anak selanjutnya. Masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakan dasar bagi
kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral dan
nilai-nilai agama. Sehingga upaya pengembangan seleuruh potensi anak usia dini
harus dimulai agar pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal.
Hal
tersebut merupakan hak bagi anak, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 23
tahun 2002 tentang perlindungan Anak, yang menyatakan bahwa setiap anak berhak
untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berprestasi secara wajar sesuai dengan
harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan
diskriminasi. Salah satu implementasi dari hak tersebut, setiap anak berhak
memperoleh pendidikan dan pembelajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan
tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya.
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis mengkaji berbagai metode pembelajaran yang sesuai untuk pendidikan anak usia dini. Metode-metode tersebut kemudian dianalisis baik kelebihan maupun kelemahannya, sehingga dapat diperoleh mana metode yang sesuai dengan pendidikan anak usia dini.
Baca selengkapnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar